Minggu, 14 Juni 2020

SAGUSABLOG: Menjadi Guru Millennial di Tengah Industri 4.0 Melalui Blog Guru

         

SAGUSABLOG
 (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kanal pelatihan yang digagas dan berada di bawah naungan Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sagusablog didirikan untuk menjawab tantangan literasi informasi yang merupakan salah satu tuntutan guru di abad 21 dan masa revolusi industri 4.0 ini. Menjadi salah satu kanal pelatihan favorit membuat peserta workshop sagusablog baik secara online maupun offline selalu membludak. Hal ini dikarenakan antusiasme guru-guru Indonesia untuk selalu mengembangkan diri menjadi guru melinial di tengah Industri 4.0 melalui pelatihan-pelatihan berbasis IT.

Bentuk pelatihan yang digagas Sagusablog IGI menghasilkan ribuan guru blogger baru yang tentunya melek IT. Blog-blog karya guru-guru alumni sagusablog pada umumnya berbentuk blog pembelajaran, karena disamping untuk mengasah kemampuan IT yang utama adalah hasil pelatihan dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di abad 21 dan masa revolusi industri 4.0 dimana semua kegiatan manusia lebih banyak menggunakan sarana internet. Melalui blog guru, guru dapat mendeseminasikan informas-informasi pendidikan dan pembelajaran tidak hanya ke peserta didik namun juga khalayak pada umumnya. Tentu saja, informasi-informasi yang disebarkan melalui blog guru ini haruslah yang valid. Sagusablog IGI juga menanamkan bahwa blog guru tidak hanya sekedar blog, namun harus memuat informasi yang berguna bagi masyarakat. Karena salah satu tugas guru adalah mencerdaskan dan membantu meningkatkan kemampuan literasi informasi masyarakat dengan sarana digital/internet. Oleh karena itu, blog menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dan efektif untuk menampilkan berbagai informasi dan merupakan salah satu media publikasi dan komunikasi interaktif (referensi).

Melalui blog yang digagas Sagusablog IGI diharapkan guru-guru Indonesia pada umumnya mampu melahirkan tulisan-tulisan yang mendidik, menjadi guru millennial di tengah industri 4.0 yang sedang gencar sekarang ini. Guru millennial di tengah industri 4.0 adalah guru-guru yang paham, mengikuti, dan menerapkan  IT dalam tugasnya sebagai guru, baik dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, maupun membimbing dan melatih peserta didik. Guru millennial tidak hanya tahu bagaimana mengajar secara klasikal, tetapi dituntut mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan iptek untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar (KBM), sehingga guru yang melek IT akan mempunyai prestise yang baik di mata peserta didik. Dengan demikian, melalui pelatihan Sagusablog IGI guru-guru Indonesia sebenarnya diarahkan menjadi guru mellinial di tengah industri 4.0 ini melalui pelatihan pembuatan blog guru.

Melalui tulisan ini semoga guru-guru Indonesia meningkatkan kemampuan IT-nya secara berkesinambungan dengan memanfaatkan kanal pelatihan IGI, SAGUSABLOG ini untuk menguasai, memanfaatkan blog secara optimal dalam pembelajaran abad 21 (referensi). Jayalah Guru-Guru Indonesia ! Salam SAGUSABLOG ! Salam IGI

Penulis: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar